Tuesday, May 25, 2010

Tata Ibadah Baptisan, Peneguhan Sidi dan Perjamuan Kudus

PERSIAPAN

NYANYIAN MASUK DAN PROSESI KHADIM (Jemaat Berdiri)
Koordinator Ibadah,
Inilah hari yang dijadikan Tuhan, marilah kita bersorak-sorak karena-Nya.
Ya Tuhan, berilah kiranya keselamatan. Ya Tuhan, berilah kiranya kemujuran.
Menyanyi,
NKB.NO. 126 TUHAN MEMANGGILMU
Tuhan memanggilmu, hai dengarlah
“Apapun yang terbaik, ya b’rikanlah!”
Dan jangan kau kejar hormat semu,
muliakan saja Yesus, Tuhanmu
Refr : Tiap karya diberkati-Nya
Namun yang terbaik diminta-Nya
Walaupun tak besar talentamu
B’ri yang terbaik kepada Tuhanmu.



2. Sanjungan dunia jauhkanlah
Dan jangan kau dengar godaannya layani Tuhanmu dalam jerih
Dalam hidupmu yang t’lah kau beri. Refr : ...

TAHBISAN DAN SALAM
P Pertolongan kepada kita adalah dalam nama Tuhan, yang menjadikan langit dan bumi, yang tetap setia untuk selama-lamanya dan tidak meninggalkan perbuatan tangan-Nya. Amin.
P Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, dan dari Tuhan Yesus Kristus menyertai saudara-saudara.
J Amin terpujilah nama Tuhan! Haleluya!

NAS PEMBIMBING
P ”Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah Bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu? Jika ada orang yang membinasakan Bait Allah, maka Allah akan membinasakan dia. Sebab Bait Allah adalah kudus dan Bait Allah itu ialah kamu.” (I Kor. 3;16, 17)
Menyanyi,
DSL No. 115 PUTIH BERSIH
Ya Tuhanku dengarlah, doaku dan sembayangku
Hai mari dan tinggallah, di dalam g’nap bathinku
Jadikan daku anak-Mu, yang dengar-dengaran teguh
Baik darah-Mu kudus, bersihkan sehingga terus
Refr : Putih bersih, putih bersih
B’ri Tuhan darah-Mu kudus bersihkanlah aku terus.

SAKRAMEN BAPTISAN
DOA PERMOHONAN
JANJI BAPTISAN
P : Saudara-saudara yang kekasih dalam Yesus Kristus, saudara-saudara telah mendengar, bahwa baptisan kudus telah ditetapkan oleh Yesus Kristus sebagai tanda dan meterai dari suatu perjanjian baru oleh Allah dengan kita dan anak-anak kita. Sebab itu patutlah kita memakai baptisan itu untuk maksud tersebut dan bukan karena kebiasaan atau kepercayaan takhyul.
Agar menjadi lebih nyata, bahwa saudara-saudara menghendaki yang demikian dan bersedia mendidik anak-anak saudara-saudara secara Kristen, maka saudara-saudara diundang untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berikut dengan tulus ikhlas:
- Apakah saudara-saudara sebagai orang tua dan orang tua baptisan memohon pembaptisan anak (-anak) saudara-saudara dalam kepercayaan kepada Allah Bapa, yang Mahakuasa, Khalik langit dan bumi, Tuhan kita, dan kepada Roh Kudus?
- Apakah saudara-saudara sebagai orang tua dan orang tua baptisan berjanji di hadapan Allah kita dan jemaat sebagai saksi-saksi-Nya, bahwa saudara-saudara akan mendidik anak (-anak) saudara sedemikian rupa, sehingga dia (mereka) akan mengerti arti dan maksud baptisan kudus itu dan akan menjadi orang yang percaya kepada Allah Bapa dan Anak dan Roh Kudus?
P : Orang Tua dan Orang Tua Baptisan, apakah jawaban saudara-saudara?
OT+OTB : Ya, dengan segenap hati. Amin

Menyanyi, NKB.No.72 Nama Yesus Berkumandang
Nama Yesus berkumandang di sejarah dunia!
Nama Yesus menyampaikan damai dan bahagia!
Hai, dengarkan panggilan-Nya dan tinggalkan dosamu:
Tiap orang yang percaya pada Dia berteduh.
Refr : Yesus, Kaulah Surya rahmat, Kau kobarkan hatiku.
Bersyukur di jalan s’lamat, aku puji nama-Mu!

PELAYANAN BAPTISAN

DOA, PEMBACAAN ALKITAB DAN RENUNGAN
P …………………………………………………………………………………………….

PERSEMBAHAN
P Marilah kita mensyukuri nikmat Tuhan, dengan bersyukur di hadapan-Nya.
Menyanyi,
KJ.No. 400 “Kudaki Jalan Mulia”
Kudaki jalan mulia; tetap doaku inilah:
“Ke tempat tinggi dan teguh, Tuhan, mantapkan langkahku!”
Refr: Ya Tuhan, angkat diriku lebih dekat kepada-Mu;
Di tempat tinggi dan teguh, Tuhan, mantapkan langkahku!

Ku tidak mau menetap di dalam bimbang dan gelap;
Rinduanku, tujuanku: tempat yang tinggi dan teguh.

‘Ku ingin hidup yang benar, jauh dari tindak yang cemar;
Amat kudus memanggilku ke tempat tinggi dan teguh.

Ingin kucapai puncak t’rang yang paling agung cemerlang.
Ya Tuhan, bimbing diriku makin dekat kepada-Mu.

DOA PERSEMBAHAN
Sym …………………………………………………………………………………………….

PENEGUHAN ANGGOTA SIDI JEMAAT

PENGAJARAN
P Jemaat Yesus Kristus, pada minggu-minggu yang lalu telah diumumkan kepada saudara-saudara, bahwa pada hari ini para peserta katekisasi akan diteguhkan menjadi Anggota Sidi Jemaat.
Oleh karena tidak ada faktor-faktor yang menghalangi pelaksanaan rencana ini, maka sekarang kita akan meneguhkan mereka. Tetapi sebelumnya perlu dipelajari bersama apa yang menjadi tugas, tanggung jawab dan wewenang Anggota Sidi Jemaat.
Tugas dan tanggung jawab semua Anggota Sidi Jemaat adalah menunaikan tugas GEREJA, yakni:
- Membangun, membarui dan memelihara keutuhan GEREJA;
- Menyaksikan dan memberitakan Injil Yesus Kristus kepada segala makhluk;
- Melayani sesama dan seluruh ciptaan demi keutuhan ciptaan Allah, perdamaian dan keadilan.

P Tugas-tugas tersebut dilaksanakan dengan mendayagunakan semua karunia yang telah dianugerahkan kepada kita masing-masing, baik dengan perkataan maupun dengan tindakan.
Dalam Alkitab tugas dan tanggung jawab ini diterangkan sebagai berikut: “Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang. Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi. Lagi pula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakannya di atas gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu. Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.” (Mat.5:13-16)
Tugas dan tanggung jawab itu hanya dapat dilaksanakan dalam rangka persekutuan Gereja yang nampak dalam meja Perjamuan Kudus, di mana Yesus Kristus sebagai Kepala Gereja memberi roti dan anggur kepada kita dan melayani kita.
Oleh peneguhan sebagai sidi jemaat, maka peserta katekisasi diterima sebagai anggota penuh dalam persekutuan tubuh Kristus, diterima dalam persekutuan meja perjamuan TUHAN, berhak memilih dan dipilih selaku Pelayan Khusus; serta wewenang lain dari seorang sidi jemaat seperti diatur dalam Tata Gereja dan Peraturan yang berlaku di GMIM.

PERTANYAAN-PERTANYAAN PENEGUHAN (Calon Sidi disilahkan berdiri)
P Di depan kita telah berdiri saudara-saudara kita yang bersedia mengaku iman yang rasuli dan am dan dengan demikian dapat diteguhkan sebagai anggota sidi di jemaat ini.
Agar lebih nyata kepada kita, bahwa mereka bersedia memenuhi panggilan TUHAN, maka kami silahkan saudara-saudara untuk menjawab secara jujur dihadapan TUHAN dan jemaat sebagai saksi, pertanyaan-pertanyaan berikut:
- Apakah saudara-saudara mengaku persaya kepada Allah Bapa, Yang Mahakuasa, Khalik langit dan bumi, dan kepada Yesus Kristus, Anak Allah yang tunggal TUHAN kita, dan kepada Roh Kudus?
- Bersediakah saudara-saudara menjadi Anggota Sidi Jemaat TUHAN dan menerima panggilan untuk mengikuti Yesus Krsitus selaku TUHAN dan Juruselamat baik dalam kehidupan, maupun dalam menghadapi maut; bahkan mengakui Dia di depan manusia bahkan dengan gembira bekerja di ladang TUHAN?
- Maukah saudara-saudara berjanji sebagai anggota sidi dari Gereja Masehi Injili di Minahasa, bahwa dengan rajin mengambil bagian dalam pelayanan Firman TUHAN dan sakramen-sakramen, bertekun dalam doa dan pembacaan Alkitab, serta rajin bekerja untuk pembangunan Jemaat dan masyarakat, sesuai karunia-karunia yang telah dianugerahkan kepada saudara-saudara?

(Calon Sidi yang namanya dipanggil disilahkan untuk berdiri, setelah menjawab pertanyaan disilahkan duduk kembali)

P Saudara, ………..………………………….. ……….. apakah jawab saudara?

Calon Ya, saya mengaku, bersedia dan berjanji dengan segenap hati. Amin.

P Semoga TUHAN menolong saudara-saudara untuk setia pada pengakuan, kesediaan dan janji yang saudara-saudara ucapkan hari ini. Amin.

PENEGUHAN (Jemaat berdiri, yang diteguhkan berlutut, Pemimpin Ibadah dan seluruh Pelayan Khusus menumpangkan tangan)
P Berdasarkan baptisan saudara-saudara, bahkan pengakuan iman saudara-saudara, maka kami sebagai pelayan Yesus Kristus, meneguhkan saudara-saudara menjadi Anggota Sidi Jemaat Gereja Masehi Injili di Minahasa, dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus.
P+Majelis Jemaat,
“Allah sumber segala kasih karunia, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu sesudah kamu menderita seketika lamanya. Ialah yang empunya kuasa sampai selama-lamanya! Amin.!”

Sidi Baru: Menyanyi, KJ.No.441:1,4,5 ”Kuingin Menyerahkan”
’Ku ingin menyerahkan seluruh hidupku,
sekalipun tak layak, kepada Tuhanku.
Ku bunuh keinginan dan hasrat hatiku,
Supaya hanya Tuhan mengisi hidupku.

(Pelayan Khusus menjemput seluruh Anggota Sidi Jemaat yang baru untuk berdiri di tempat)

NASIHAT (Jemaat duduk, yang diteguhkan tetap berdiri)
P Saudara-saudara yang kekasih dalam Yesus Kristus, berdasarkan pengakuan iman saudara-saudara, maka saudara-saudara turut mengambil bagian dalam tugas dan panggilan Jemaat Yesus Kristus di dunia ini. Oleh karena itu ingatlah senantiasa, bahwa kamu “bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah, yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Yesus Kristus sebagai batu penjuru.”
Di dalam Dia tumbuh seluruh bangunan, rapi tersusun, menjadi bait Allah yang kudus, di dalam TUHAN. Di dalam Dia kamu juga turut dibangunkan menjadi tempat kediaman Allah, di dalam Roh.” (Efesus 2:19-22)
P (Anggota Sidi Jemaat yang baru, menghadap jemaat)
Saudara-saudara anggota jemaat, oleh karena saudara-saudara telah mendengar pengakuan iman saudara-saudara kita ini, maka kami menyerahkan mereka dalam kasih dan pelayanan saudara-saudara, sebagai anggota-anggota sidi baru. Bersama dengan kami, merka adalah satu dalam TUHAN. Ingatlah pesan Yesus Kristus, TUHAN kita: “Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu, demikian pula kamu harus saling mengasihi. Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi.” (Yohanes 13:34-35)
Menyanyi,
KJ No 428:1,6 ”Lihatlah Sekelilingmu”
Lihatlah sekelilingmu, pandanglah ke ladang-ladang
Yang menguning dan sudah matang,sudah matang untuk dituai
Reff: Lihatlah sekelilingmu, pandanglah ke ladang-ladang
Yang menguning dan sudah matang
Sudah matang untuk dituai

Apa kita pun terpilih megerjakan tugas itu?
Kita juga dipilih Tuhan dan diutus ke dalam dunia (Refr)

(Sidi baru disilahkan duduk dan Orang Tua, Suami atau Isteri yang hadir kiranya dapat mengambil Anak, Suami atau Isteri untuk duduk sehidangan di Meja Perjamuan)

PENETAPAN PERJAMUAN KUDUS
P Marilah kita membaca Firman Tuhan dalam 1 Kor.11:23-26 mengenai Penetapan Perjamuan Kudus: ……………………………………………...........

PERINGATAN AKAN KRISTUS
P Demikianlah kita akan makan roti dan minum dari cawan untuk memberikan puji-pujian dan mengucap syukur kepada Dia, yang telah menyerahkan tubuh-Nya bagi kita. Oleh Roh Kudus kita mengambil bagian dalam persekutuan dengan Dia; dan sambil menanti-nantikan Kerajaan Allah, sekarang ini telah memperoleh kehidupan kekal, dan kedudukan sebagai anak dalam kemuliaan, bahkan sebagai anggota satu tubuh telah bersekutu seorang dengan yang lain dalam kasih yang sungguh.
P+J Semoga Allah yang Mahakuasa dan Mahakasih, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, oleh Roh Kudus menolong kita. Amin.
Menyanyi,
KJ.No.169:1,5 ”Memandang Salib Rajaku”
Memandang salib Rajaku yang mati untuk dunia,
Kurasa hancur congkakku dan harta hilang harganya.

UNDANGAN MENGARAHKAN HATI KEPADA TUHAN
P Jemaat yang dikasihi Yesus Kristus, agar kita dikenyangkan dengan roti sorga, yakni Yesus Kristus, janganlah hati kita melekat pada roti dan anggur yang kelihatan ini, melainkan hendaklah kita mengarahkan hati kita kepada Yesus Kristus di sorga, Pengantara kita kepada Bapa. Marilah, karena meja perjamuan Tuhan sudah sedia.

PERSEKUTUAN MEJA TUHAN (Jemaat mengikuti petunjuk-petunjuk yang diberikan sebelum ibadah dimulai)
P Roti yang dipecah-pecah adalah persekutuan dengan tubuh Kristus. Ambilah, makanlah, ingat dan percayalah, bahwa tubuh Tuhan kita, Yesus Kristus, telah dipecahkan sebagai perdamaian sempurna bagi segala dosa kita.
P Cawan pengucapan syukur, yang atasnya kita mengucapkan syukur, ialah persekutuan dengan darah Kristus. Ambilah, minumlah, ingat dan percayalah bahwa darah Tuhan kita, Yesus Kristus, telah ditumpahkan sebagai pendamaian sempurna bagi segala dosa kita.
PUJIAN UNTUK PERGANTIAN MEJA
- KJ.No.410 ”Tenanglah Kini Hatiku”
- KJ.No.416 “Tersembunyi Ujung Jalan”
- KJ.No.436 ”Lawanlah Godaan”
- KJ.No.467 ”Tuhanku, Bila Hati Kawanku”
- KJ.No.184 ”Yesus Sayang Padaku”

DOA SYUKUR PERJAMUAN
P Mari kita berdoa, ...................................................................................

PENGUTUSAN DAN BERKAT (Jemaat Berdiri)
(Dimintakan seluruh Guru Sekolah Minggu yang baru selesai mengikuti Penataran Dasar untuk berdiri)
P Mereka adalah saudara-saudara kita yang relah memberikan tenaga, waktu dan uangnya untuk bertekad menjadi seorang Guru Sekolah Minggu yang baik dan seturut kehendak Allah.
J Biarlah kasih Allah berlimpah bagi mereka.
P Merekalah yang akan mendidik anak-anak kita untuk memiliki iman kepada Yesus Kristus.
J Kiranya iman mereka pun diteguhkan oleh Allah.
P Pergilah, jadilah seorang Guru yang baik dan jangkaulah semua anak di dalam nama Allah: Bapa, Putera dan Roh Kudus.
(Seluruh Guru Sekolah Minggu yang baru mengikuti Penataran Dasar, menyanyi)
NKB.No.196 KUBEROLEH BERKAT
Ku beroleh berkat yang tak kunjung lenyap yang tidak dib’ri dunia.
Direlung hatiku walau sarat beban ada damai sejaht’ra baka
Refrein :
Yesus yang selalu tinggal serta, Dia di dalamku, ku dalam-Nya
Aku senantiasa menyertaimu itulah janji-Nya kepadaku.
(Ay. 2 Untuk Jemaat)
Saat damai penuh masuk di hatiku, dunia menjadi cerah.
Kesusahan lenyap, g’lap berganti terang:
Yesus Tuhan, agung, mulia! Refr : ...

P Pergilah dengan selamat, kuatkanlah hatimu, berpegang pada yang baik, janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan, teguhkanlah mereka yang cemas hati, tolonglah mereka yang lemah, bantulah mereka yang menderita, hormatilah semua orang, kasihilah dan layanilah Tuhan, bergembiralah oleh kekuatan Roh Kudus.
P Kasih Karunia Tuhan Yesus Kristus dan kasih Allah dan persekutuan Roh Kudus menyerta saudara sekalian.
J Amin, Amin, Amin.

No comments:

Post a Comment